makeup tidak mudah luntur

Tips Agar Makeup Tidak Mudah Luntur: Tetap Cantik Sepanjang Hari

Hai Sobat Puan, Makeup adalah salah satu cara bagi banyak orang untuk mengekspresikan diri dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, seringkali masalah yang sering dihadapi adalah makeup yang mudah luntur, terutama di tengah aktivitas sehari-hari. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips santai agar makeup Anda tetap tahan lama sehingga Anda bisa tampil cantik sepanjang hari yang dilansir dari website Pijar Tekno.

1. Bersihkan dan Siapkan Kulit dengan Baik

Langkah pertama untuk membuat makeup tahan lama adalah dengan membersihkan dan menyiapkan kulit dengan baik sebelum mengaplikasikan makeup. Pastikan wajah bersih dari kotoran dan minyak, lalu gunakan pelembap sesuai jenis kulit Anda. Penggunaan primer juga bisa membantu dalam membuat makeup lebih tahan lama dan merata di kulit.

2. Pilih Produk Makeup yang Tahan Lama

Pilihlah produk makeup yang memiliki label “long-wear” atau “tahan lama” pada kemasannya. Produk-produk ini umumnya diformulasikan khusus untuk bertahan lebih lama di kulit, sehingga Anda tidak perlu sering retouch makeup di tengah-tengah aktivitas.

3. Gunakan Teknik “Baking” untuk Bedak

Teknik “baking” adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat makeup tahan lama, terutama pada bagian bawah mata. Setelah mengaplikasikan krim atau concealer, taburi bedak loose dengan tebal pada area yang ingin Anda “bake”. Biarkan bedak mengendap selama beberapa menit sebelum di-blend. Teknik ini akan membantu mencegah makeup dari creasing atau luntur terutama pada area yang berminyak.

4. Gunakan Setting Spray

Setting spray adalah produk ajaib untuk membuat makeup tetap awet. Setelah Anda selesai mengaplikasikan seluruh makeup, semprotkan setting spray secara merata di wajah Anda. Setting spray akan membantu mengunci makeup dan membuatnya tahan lama sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang makeup luntur sepanjang hari.

5. Hindari Menggosok Wajah dengan Tisu

Saat kulit terasa berminyak atau berkeringat, hindari menggosok wajah dengan tisu. Menggosok wajah dapat mengangkat makeup dan menyebabkan makeup menjadi luntur. Sebaliknya, tekan tisu secara perlahan di wajah untuk menyerap minyak tanpa menggesek makeup.

6. Gunakan Produk Waterproof

Jika Anda berencana untuk menghadiri acara di luar ruangan atau beraktivitas di tempat yang lembap, gunakan produk makeup yang tahan air atau waterproof. Produk-produk ini akan bertahan lebih lama meskipun terkena keringat atau air.

7. Jangan Lupakan Touch-up

Meskipun Anda telah mengikuti semua tips agar makeup tidak mudah luntur, tetaplah siap dengan peralatan touch-up seperti bedak tabur, blotting paper, atau lipstik. Anda dapat menggunakan peralatan ini untuk menyegarkan makeup di tengah-tengah aktivitas sehingga Anda tetap tampil cantik dan segar sepanjang hari.

8. Hindari Mengusap Wajah Terlalu Sering

Terakhir, hindari kebiasaan mengusap wajah terlalu sering. Mengusap wajah dapat mengganggu tata rias Anda dan menyebabkan makeup menjadi luntur. Cobalah untuk tetap tenang dan hindari menyentuh wajah kecuali saat Anda ingin melakukan touch-up.

Kesimpulan

Dilansir dari website Berdasarkan, tampil cantik dengan makeup adalah keinginan setiap wanita. Dengan mengikuti beberapa tips santai di atas, Anda dapat membuat makeup Anda tahan lama dan tetap cantik sepanjang hari. Bersihkan dan siapkan kulit dengan baik, gunakan produk makeup yang tahan lama, dan pilih teknik dan produk yang tepat untuk mencegah makeup luntur. Jangan lupa untuk melakukan touch-up jika diperlukan, tetapi hindari mengusap wajah terlalu sering. Dengan sedikit perhatian dan usaha, Anda dapat tampil cantik dengan makeup yang awet sepanjang hari.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya yang membahas tentang kecantikan dan tips makeup lainnya!

Check Also

manfaat keterampilan berbahasa

Manfaat Keterampilan Berbahasa: Lebih dari Sekedar Komunikasi

Halo, pembaca yang gemar belajar! Dalam dunia yang semakin terhubung ini, memiliki keterampilan berbahasa yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *